Senin, 08 April 2013

Kimia itu Barbel 100Kg, Berat

Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia. - Wikipedia Indonesia (sumber : dari sini).

ilustrasi oleh : Dedy Andrean Ardiansyah
Senin untuk 3 jam dan rabu untuk 2 jam jadwal buat otak saya salto jungkir balik gaya katak. Ya .. mata pelajaran kimia cukup menguras tenaga otak saya yang ber-IQ 140 *ngarep*. Bahkan bukan cuma saya aja yang berpendapat kayak gitu, mayoritas temen-temen sekelas pun menganggap kimia adalah sebuah barbel yang beratnya 100Kg, itu berat !

Kebetulan sekarang saya masih berstatus sebagai pelajar dan punya temen-temen yang benci amit-amit dengan pelajaran yang satu ini : kimia. Bu Dwi adalah guru spesialis kimia di kelas saya. kadang bingung kenapa saya dan bu Dwi yang sama-sama makan nasi tapi beda jauh ilmu kimianya itu antara langit-bumi.

Ada beberapa temen-temen sekelas saya yang mampu memahami kimia diatas rata-rata kemampuan yang lainnya. Itupun dalam menggarap kimia mereka masih mengalami kesulitan, kebingungan, rambut beruban, penuaan dini, kebotakan, dan bahkan meninggal dunia. Yang terakhir itu nggak beneran.
Saya mungkin cuma bisa menguasai fisika itu dalam materi-materi yang menurut saya mudah dan yang nggak terlalu banyak rumus. Tapi sayangnya, daya ingat saya akan pelajaran ini bener-bener lemah. Misalkan seminggu lalu saya belajar tentang titrasi asam-basa dan dan mungkin saya faham betul tentang materi-materi itu. Dan kalo hari ini ada pertanyaan tentang titrasi asam-basa yang udah dipelajarin seminggu lalu pasti saya (nggak) inget. Padahal bu Dwi udah ngoceh sampe mulutnya berbusa di depan temen-temen saya yang melongo dengan tatapan mata kosong.

Sering kali saya mikir, kenapa kimia nggak dihapuskan sari muka bumi ini ? kenapa kimia jadi salah satu mata pelajaran IPA ? kenapa kimia jadi salah satu mata pelajaran UNAS ? kenapa kimia itu susah ? kenapa kimia itu nggak gampang ? kenapa ? kenapaaa ? *heningsejenak*.

Maaf kalo diantara kalian yang suka sama kimia tiba-tiba tersinggung setelah baca ini. Oke, postingan ini cuma sekedar pengungkapan perasaan saya ke kimia. Enggak tau kenapa saya reflex nulis materi ini. Sama sekali nggak ada unsur buat menjatuhkan nama baik kimia, serius.

46 komentar:

  1. Gue parah lagi, gak pernah sama sekali belajar mata pelajaran kimia. Semasa gue sekolah juga gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu jurusan IPA bukan ?

      kalo jurusan selain IPA emang nggak ada kimia bang -__-

      Hapus
  2. untungnya anak TEknik di SMK gue gak belajar KIMIA. tapi fisika nya itu lohhhh... berattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. salamat yam, itu keberuntungan buatmu

      fisika kok berat ? itu lebih gampang daripada kimia lagi -__-

      Hapus
  3. yo wess..buruan aja tamat skolah,biar bisa pisah ama kimia..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. andai waktu bisa berputar lebih cepat *apasih*

      kayaknya nggak perlu deh buru2, karna keburu2an itu bikin kita nggak mateng

      Hapus
  4. saya buta pelajaran kimiaa -_-

    BalasHapus
  5. KIMIA ITU ENAK BANGET LOH MBLIK . SERU .

    DAN KIMIA ITU ADA DI KEHIDUPAN KITA ...
    KAYA BIKIN MAKANAN PAKE BAHAN PENGAWET, PEWARNA, UDARA YANG KITA HIRUP, ASAP2 KENDARAN,

    DARIPADA FISIKA????? OH NOOOOOO..
    BOLA GELINDING AJA PAKE DI ITUNG -__-
    RAMBUTAN JATOH DARI POHON AJA DI ITUNG -_-

    AAAAK .. GAMPANGAN KIMIA LAH POKOKNYA :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih kimia itu enak, lebih enak lagi kalo diterpin di makanan *yawn*
      tapi ada tapinya, saya bener-bener lemot di prodi kimia

      menurut saya sih, lebih gampang fisika
      kenapa ? karna fisika lebih mudah dilogika

      Hapus
    2. ini si lutfi bener-bener bikin saya boker mendadak, awas ye (o_o)9

      Hapus
    3. Tuh kan tuh kaaaaan XD
      bilangin papa Eriiiiccckkkk lagiii ah~
      :p

      Hapus
    4. ini apasih ?

      saya nggak faham sama acara kekeluargaan begini -__-

      Hapus
    5. Bahkan sekarang gue lupa wujud Fisika itu kaya apa mblik, mhaha,

      udah metamorfosis ke akuntansi soalnya.

      Hapus
  6. hahahaha bener banget. sebenarnya mau bikin apa sih?
    dimetil heksana, C11 Mg5, metil butana. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tau, mungkin sekedar buat menyulitkan hidup kita

      lumayan pinter lu kuh ! itu penamaan zat-zat menurut jumlah atomnya kan ? bener nggak ?

      Hapus
  7. gue doain jadi profesor kimia kaya yang di film film , yang kalo bikin meleduk gitu keren kan siapa tau bisa bikin BOM :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarmu bisa dijadiin salah satu dari sekian cita-cita saya

      btw, saya asli orang lamongan. pernah denger lamongan ?
      itu adalah kampung halaman para pem-BOM professional, mereka : Amrozi dan Imam Samudra

      makanya, jangan main-main sama saya lutpi ! (o_o)9

      Hapus
  8. Sebagai anak kelas satu SMA yang sudah berniat dari awal untuk masuk jurusan IPS, saya hanya ingin menertawai ini. Perkenankanlah..

    HAHAHAHAHAHAHAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kesediaan anda untuk menertawai saya, terima kasih :)) (o_o)9

      IPA atau IPS itu sama, yang beda adalah SD -__-

      Hapus
  9. Bener banget. Aku kurang suka KIMIA, mendingan Matematika kemana-mana deh..
    Tp gak segitu bencinya juga, tetap aja aku niat banget masuk IPA, malah ambil KONSENTRASI MTK DI KAMPUS..

    KALO DARI kelas 1 udah niat masuk IPS... Hm...

    Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kimia sama matematika itu beda, ya lebih enakan matematika kemana-mana lah

      kalo beneran niat banget masuk IPA ya langsung aja masuk tanpa babibu. susah bakal jadi gampang kalo punya niatan yang besar :))

      ini revolusi macem apa ya ? awalnya niat ke IPS beralih ke IPA -__-

      Hapus
  10. Semangat ya Om Simblik :D
    aku anak IPA, tp yaa gt deh sama agak bebal klo masalah kimia. lebih suka fisika sama math.
    Alhamdulillah nya pas kuliah di IT gak ada kimia lagi.hhe,

    tapi sbnrnya kimia asik kok. suka praktikum yg aneh2 gt di lab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nak :))
      ohiya, anak IPA masuk jurusan IT itu cocok nggak ? terus lowongan kerjanya gimana ?

      kalo praktikum sih saya suka, apapun jenis praktikumnya

      Hapus
  11. Lik, makanya jadi anak social like me *promo
    Gak bakal ketemu sama yang namanya kimia, huhh

    Btw , salam kenal yah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sih niatnya gitu, alasannya karna nilai IPS saya lebih bagus daripada nilai IPA
      tapi sekolah nggak ngebolehin saya *ngenes*

      iya wan, salam BE ! :D

      Hapus
  12. Enak lagi,.
    Biar ototnya bisa lebih Gede

    Kayak Ade Rey gitu
    Bhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ndasmu =="
      maaf ya, otot saya udah sixpack, jadi nggak perlu lagi angkat beban lebih

      Ade Ray kalah kekar sama Ade Namnung -__-

      Hapus
  13. makananku tiap hari di kelas tuh! prasaan biasa aja tuh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah itu kan menurutmu vas

      ya jelas beda sama menurutku :o

      Hapus
  14. situ kimia? gue akuntansi.. :D
    salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kimia tapi IPA -__- ini bacanya nggak baik-baik sih

      Hapus
  15. kalo aku masih mending kimia dari pada fisika, ayo semangat terus belajarnya, mungkin perlu dibaca-baca lagi dirumah pelajarannya biar ingat. Kalau awalnya udah paham, pasti ntar bisa kok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku lebih enjoy matematika -__-

      iya kak Iva, usaha lagi deh semoga berhasil

      Hapus
  16. wkwkwkwk sama bray, gue waktu sma juga gitu, sebenernya kimia mudah kalau sering latihan soal, beda sama fisika perlu pemahaman yang super :D ini kuliah ada kimia lagi 3 sks lumayan lah bisa ngikutin wehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun lebih susah fisika, saya masih tetep suka fisika

      lumayan juga ya 3 sks, emang kuliah ambil apa Yu ?

      Hapus
  17. kimia itu asyik loh, malahan fisika yang bikin tua mendadak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa persepsi orang tentang tingkat kesulitan suatu pelajaran kan beda2..
      mungkin menurut kamu kimia labih gampang daripada fisika, tapi saya sebaliknya lebih suka fisika dibanding kimia XD

      Hapus
  18. Menurut saya sih lebih gampangan kimia, karena bisa dibayangin langsung gitu dan soalnya juga ga bertele2 kayak fisika haduuuhh...
    Dan juga kimia kadang lebih mudah dibayangkan secara langsung daripada fisika. Contoh nih, soal fisika : hitunglah kecepatan mobil dari bla bla bla... Nah bisa dibayangkan gak? Kalau kimia : Taruh zat A dan zat B... Nah disini kan mudah dibayangin...

    Atau yang lebih gampang lagi :

    Pernah kebayang gak kalau naik motor kita bisa analisis kira2 kalau kecepatannya 60 km/jam bisa nabrak mobil di depan apa gak? Pastilah untuk menjawabnya kita pake feeling, kan gak lucu bro kalau sampai kita ngendarain motor terus sambil ngeanalisis ini nabrak apa gak, eh belum selesai analisis pake rumus fisika udah ketabrak XDDD

    Ya udahlah... Itu mah pilihan masing2 aja..

    Kalau saya lihat2 jg sih, banyakan rumus fisika dibanding kimia...

    Kalau disekolahku, kalau pelajaran kimia masuk bab baru, palingan gak lepas dari rumus di bab sebelumnya, dan selalu diulang2....

    Kalau fisika biasanya kalau masuk bab baru, eh ngulangnya pake rumus yang... ga tau dimana datangnya. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! itu yang bikin saya suka di fisika, penerapannya kan semua hal di kehidupan sehari2 :)
      emang sih rumus fisika lebih banyak dibanding kimia, tapi namanya udah suka yaaa mau gimana lagi :D

      Hapus
  19. memang benar-benar susah yah Kimia itu ane baru lihat kalau kimia itu memang susah bgt hehehe

    BalasHapus
  20. saya sekarang jurusan Kimia MIPA, pdhal d sma kyak om simblik yg gasuka kimia, apalagi saya..pengen muntah liat ini pelajaran. Tapi krna berpeluang kerja d perusahaan, saya masuk jurusan kimia murni, dan yakin bisa ikutin semua materi perkuliahan ttg kimia yg bakal d pelajarin. tapi apa ? SAYA TETAP BEBAL sama materiny *gak sebebal yg anda pikirkan sih :3* , tapi yg jelas, IP saya hancur d 2 semester di teoriny, kalo d praktikum sih saya bagus karena saya tipe org yg lebih paham kalo d praktekkin drpda cuma ngayal" pas belajar teori.
    Ini saya ngmong apa ya ? sampe tumpeh* belepotan kemana-mana . sorry gaeees . hahaa intiny saya juga berpikiran sama *KIMIA ITU BERAT !* :'(

    BalasHapus

sudah puaskah bacanya ? kalo begitu mari berkomentar !
satu komentar akan membuat SIMBLIK makin bergairah menulis :))
kirim kritik dan saran di SIMBLIKBOX (lihat pojok kanan atas)
\(`0`)/ \(`0`)/ \(`0`)/