Minggu, 31 Maret 2013

Bukan Cuma SEKOLAH-UJIAN-LULUS

ilustrasi gambar oleh : Dedy Andrean Ardiansyah

Mungkin postingan kali ini ditujukan khusus bagi para pelajar yang masih abu-abu nasibnya. Tapi bagi para “pembaca yang agak tua” juga nggak masalah kok.

Saat kita menyebut kata SEKOLAH, otomatis orang akan berfikir tentang belajar. Semua remaja yang bersekolah punya kewajiban yaitu belajar. Belajar pun punya arti luas, bukan cuma baca buku aja yang disebut belajar, tapi segala kegiatan bisa disebut belajar asalkan dari kegiatan tersebut bisa diambil pelajaran yang bermanfaat bagi kita. Namun kali ini yang mau saya bahas adalah belajar di sekolah.

Saat menjelang akhir masa sekolah biasanya diadakan UJIAN untuk menentukan siswa yang berhak LULUS. Ujian Akhir Nasional (UNAS, Red) biasanya jadi momok paling menakutkan bagi pelajar. Pada momen ini para pelajar bakal berusaha mati-matian agar ujian berjalan lancar. Ada yang les privat, ikut bimbingan belajar sana-sini, dan bahkan santri di pesantren saya puasa 40 hari. Tapi, ada juga yang ambil jalan pintas, ada yang pergi ke dukun lah, beli kunci jawaban lah, ini adalah contoh pelajar Indonesia yang berusaha menggagalkan dirinya sendiri. Dan ironisnya, setelah ujian itu berakhir banyak siswa yang merasa telah “bebas”. Endingnya, mereka melupakan hal yang seharusnya mereka lakukan demi masa depan.

Mereka yang kayak gitu nggak berfikir masa depannya yang masih sangat amat panjang, tidak berfikir gimana nasibnya setelah ujian berakhir. Padahal, setelah lulus sekolah seseorang akan lebih sulit lagi menjalani hidupnya. Baik itu masalah pekerjaan, tempat tinggal, penghasilan, dan urusan rumah tangga setelah mereka menikah yang kata orang pada masa berumah tangga itu lebih berliku-liku.

Kalau kalian sudah di masyarakat nanti, yang ditanya bukan apa kitab dan buku yang dipelajari, tapi apa yang kalian bisa lakukan buat mereka.– Ust. Syaifuddin ketika tasyakuran menjelang UNAS.

Ya .. seseorang akan merasa lebih sulit lagi ketika dia mulai terjun di masyarakat. Disana akan diuji seberapa besar manfaat mereka bagi semua masyarakat yang terdiri dari beragam tipe berbeda-beda. Disinilah kita bisa tau sukses atau tidaknya seseorang.

Bagi saya nilai bagus itu bukan jaminan, beberapa kakak-kakak kelas kalian yang dulu nilainya biasa-biasa saja malah sekarang bisa jauh lebih sukses daripada yang nilainya bagus. - Pak Solikhin ketika mengawasi UTS.

Sekedar cerita pengalaman:
Saat saya kelas VII MTs, saya punya temen kelas XII MA, sebut aja doi pake jargonnya “Kleber”. Kleber orangnya agak aneh, doi pendiem dan suka menyendiri di pojok kamar. Kleber juga bisa dibilang orang yang ‘nggak begitu pintar’.

Dulu doi menjabat sebagai ketua seksi kebersihan pesantren, otomatis doi sangat akrab banget sama sampah. Rutin tiap sore doi menarik gerobaknya keliling pesantren guna mengangkut semua sampah di asrama cowok-cewek dan membakarnya di TPU sampah belakang pondok, kegiatan itu doi lakukan setiap hari.

Setelah beberapa bulan kelulusan. Saya  denger berita menghebohkan : Kleber jadi guru !. doi yang dulunya ‘begitu’ sekarang bisa jadi guru. Mungkin karna keikhlasannya membersihkan sampah seluruh kawasan pesantren doi bisa jadi guru. Sedangkan temen-temennya yang dulu disebut pintar sekarang belum tau gimana nasibnya.

Pintar, nilai ujian, dan ijazah nggak bisa menentukan seseorang akan menjadi orang sukses. Melainkan BERKAH yang mampu mengangkat kita menjadi orang sukses, berkah dari segala sesuatu yang telah kita lakukan dengan ikhlas, berkah dari orang lain yang telah kita bantu, berkah dari guru yang telah kita mulyakan, berkah dari orang tua yang kita telah berusaha menjadi anak berbakti bagi mereka, berkah dari teman-teman yang telah kita bahagiakan, dan utamanya adalah berkah dari Tuhan yang kita berusaha beriman dan bertaqwa padaNYA.

Sukses bukan berarti kita hidup dengan segala kemewahan dan harta berlimpah, sukses bukan berarti kita punya pekerjaan dan penghasilan tinggi, tapi menurut saya arti sukses yang sebenarnya adalah tercapainya semua cita-cita yang mampu mendekatkan kita kepada Tuhan.

Kesimpulannya, bukan cuma sekolah-ujian-lulus aja yang kita capai. Tapi, kesuksesan yang sebenarnyalah yang seharusnya kita capai. Semoga postingan ini bisa jadi motivasi~

26 komentar:

  1. Wah aku juga dulu waktu ujian dipondok banyak banget amalannya. Tahajud tiap malam, bikin istighosah, sampai minum air ayat. Belajar sampe subuh. Tp perjuangan gak sia-sia, nilai lumayan tinggi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak pondok juga ?
      selamat ya buat hasil perjuanganmu :D
      btw, nilainya berapa emang ?

      Hapus
  2. “Kalau kalian sudah di masyarakat nanti, yang ditanya bukan apa kitab dan buku yang dipelajari, tapi apa yang kalian bisa lakukan buat mereka.” Kalimat ini sering dilontarkan almarhum ayah saya dulu. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aja sama

      semoga beliau bahagia disana, amiiin :))

      Hapus
  3. kalo di indonesia sih mementingkan formalitas, jadi UN pun harus didahului,
    padahal nih ya kalo di luar negeri, tanpa sekolah SMA pun bisa masuk ke universitas asal otaknya memadai aja..
    tapi sayangnya kita orang indonesia yang pemerintahannya mementingkan formalitas,
    pengen kuliah aja harus SD SMP SMA, (Kaya uji emisi gas aja)
    "eh tapi ngomong-ngomong nyambung gak komentar sayah?" haha
    blogwalking http://getepe.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya yang dilihat itu lebih ke prosesnya bukan dari hasil ujian akhir yang banyak kecurangan, itu nggak logika banget

      itu kenapa nyepam link mas ? -__-

      Hapus
  4. Kalo kata tong sam chong gurunya sun go kong.
    Kosong adalah isi, isi adalah kosong..
    Kesimpulan yang gue ambil, belajar gak belajar sama aja..

    Sekolah stres
    Ujian makin stres
    Lulus ibaratnya udah bener2 bebas dari stres yg gangguin mulu

    Gpp kok, seneng2 ..
    Asal abis itu fokus lagi (•̀⌣•́)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar yang bertolak belakang argumen saya nih :D whaha
      makasih bang Ebotz !

      Hapus
  5. life must go on, selalu berpikir positif aja dalam menyikapi suatu hal
    *tiba-tiba kerasukan jin om mario teguh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. om mario teguh sekarang jadi jin nih? ahahha

      Hapus
    2. terus gimana kelanjutannya Mario Teguh Golden Ways ha ? XD

      Hapus
  6. haha sip banget deh. aku dulu jujur aja sih unas gak jujur. tapi sekarang pas udah mahasiswa tau sendiri lah akibat ketidakjujuran itu. intinya kan kita harusnya mengabdi buat Indonesia, gak sekedar cari duit doang juga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ! jujur ora selamane ajur (jujur nggak selamanya hancur)
      kalo ada yang belom tau itu tadi bahasa jawa -__-

      Hapus
  7. waktu di pesantren dulu juga selalu diingetin gitu, percuma pinter kalo ilmunya nggak barokah :D

    BalasHapus
  8. Super sekali. Tapi lo mesti tau, ujian sebagai mahasiswa itu jauh lebih berat!

    Tulisannya bagus, seruis banget ya, bisa memotivasi tmen2 SMA laennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujian SMA aja belom ngerasain apalagi ujian mahasiswa -__- saya masih kelas 2 SMA bang

      makasih bang Nurul ^^

      Hapus
  9. cieeee si Mblik ternyata anak pesantren, lah gue hanya anak Pesanan #ehk

    sebenarnya kehidupan bukan dimulai dari selesai menamatkan sekolah, tapi kehidupan dimulai dari saat kita keluar dari rahim ibu #YaiyaaalaahSemuaOrangJugaTau

    tapi yang dimaksud dengan kehidupan adalah bukan hanya sekedar datang ke dunia bernafas trus hidup. Bukan!! maksud gue hidup dimulai dari saat kita keluar dari rahim Ibu adalah saat itu juga dimulailah perjuangan kita, karena hidup adalah perjuangan #NgomongApasih #Gaje #LangsungDihapusSamaSiMblik #pukpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya anak pesantren bang erik, udah 5tahunan
      nah lu anak pesanan apa bang ? pesanan catering ?

      enggak juga loh bang, kehidupan itu sebenernya dimulai saat di dalam rahim ibu, saat Tuhan ngasih nyawa melalui perantara malaikat Jibril
      ini sih menurut ilmu yang pernah saya pelajari di pesantren bang :))

      Hapus
  10. Keren nih.
    Gue dapet satu poin.
    Yang paling inti sih, keberkahan itu sendiri. Segala sesuatunya itu kudu ikhlas lah. Gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bang ! intinya keberkahan dan IKHLAS

      melakukan satu kebaikan dengan IKHLAS itu lebih baik dan berkah daripada melakukan sejuta kebaikan tapi nggak IKHLAS :))

      Hapus
  11. Balasan
    1. ujian akhir semester atau unas ?

      kalo yang unas masih setahun kedepan, soalnya saya masih 2 SMA

      Hapus

sudah puaskah bacanya ? kalo begitu mari berkomentar !
satu komentar akan membuat SIMBLIK makin bergairah menulis :))
kirim kritik dan saran di SIMBLIKBOX (lihat pojok kanan atas)
\(`0`)/ \(`0`)/ \(`0`)/